Minggu, 31 Mei 2009

Sarana Transportasi di Jakarta

Sebagai sebuah kota metropolitan, Jakarta memiliki berbagai sarana transportasi baik transportasi lokal maupun dari dan ke Jakarta. Tersedianya transportasi yang memadai (24 jam) menjadikan kemudahan untuk bepergian kemana pun kita mau. Kemana aja bisa.

Pintu gerbang masuk kota Jakarta:

a. Bandara Internasional Soekarno Hatta

Bandara Soekarno Hatta terletak di Cengkareng. Merupakan pintu gerbang udara untuk penerbangan domestik maupun internasional.

b.Pelabuhan Tanjung Priok

Gerbang bagi pemakai jasa angkutan laut

c. Stasiun Gambir, Senen, Jatinegara, dan Stasiun Kota

Stasiun-stasiun ini merupakan pintu gerbang bagi yang datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat yang menggunakan jasa transportasi kereta api dari kelas ekonomi sampai kelas eksekutif.

d.Terminal

Bagi pemakai jasa angkutan bus antarkota/antarpropinsi, pintu masuk dapat melalui terminal Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Kali Deres, Rawamangun, maupun Lebak Bulus. Terminal tersebut merupakan gerbang darat bagi yang datang dari kota-kota besar Jawa, Bali, Lombok, dan Sumatera

Sarana transportasi lokal yang dapat digunakan bermacam-macam, yaitu:

a. taksi, dengan tarif rata-rata untuk kilometer pertama 5.000 rupiah dan 1.600 rupiah untuk tiap kilometer berikutnya

b. Bus Transjakarta

Transjakarta merupakan sarana angkutan jalan raya yang menggunakan jalur khusus (busway). Bus ini merupakan sarana yang nyaman (berAC) dan murah. Harga tiket untuk satu kali perjalanan (single trip) adalah 3500 rupiah (di atas pukul 07.00). Jika masih di bawah pukul 07.00 tarifnya 2000 rupiah.

c. Bus Patas AC, tarif 4.800 rupiah

d. Bus Patas on-AC, tarif 2000 rupiah

e. Buskota reguler (metromini dan kopaja), tarif 2000 rupiah

f. Mikrolet (24 jam) tarif 1.500 rupiah sampai 5000 rupiah

g. Bajaj dan kancil

0 komentar: